Profil RSU RA Kartini Jepara

SEJARAH SINGKAT RSUD RA. KARTINI KABUPATEN JEPARA

Keberadaan Rumah Sakit di Jepara berawal dari sebuah Balai Pengobatan kecil yang memfungsikan bangunan sekolah untuk anak-anak Belanda, ningrat dan priyayi termasuk RA. Kartini, RA Kardinah dan RA.Rukmini.Bangunan yang terletak di sebelah timur alon-alon Jepara itu kosong karena telah terbangun gedung sekolah baru di sebelah barat alon-alon (sekarang SMP Negeri 1 Jepara).Karena Balai Pengobatan itu merupakan satu-satunya lembaga pelayanan kesehatan di Jepara, sehingga banyak pengunjungnya, terutama penderita malaria maka Balai Pengobatan tersebut ditingkatkan menjadi Consultatie Buereau atau sejenis Rumah Sakit.

Pada awalnya Rumah Sakit dipimpin oleh dokter asing (Belanda, India dan Italia), kemudian dipercayakan kepada dr. Soeleman, lalu dr. Soenardi hingga awal kemerdekaan. Pada tahun 1962 Rumah Sakit dipimpin oleh putra daerah yaitu dr. Hamidun yang harus kerja keras karena dengan peralatan yang sangat sederhana dan hanya dibantu oleh petugas medis non medis yang sangat kurang. Kemudian kepemimpinan gilir berganti dengan direktur dr. Ang Swie Giem, dr. Budiman, dr. Suyud, dr. Kuncoro, dr. Sri Murtanto dan dr. Agustinus Subandijo. Pada tahun 1978 Rumah Sakit dipindahkan ke lokasi baru yang lebih prospektif di Jl. Wachid Hasyim Kelurahan Bapangan Jepara.

Semula Rumah Sakit ini hanya bernama Rumah Sakit Umum Daerah Tingkat II, namun sejak peringatan satu abad hari lahirnya RA.Kartini yaitu tanggal 21 April 1979, berubah menjadi Rumah Sakit Umum RA. Kartini Kabupaten Daerah Tingkat II Jepara. Awal pemberian nama dari RSUD menjadi RSU RA. Kartini Jepara muncul dari pihak Rumah Sakit dengan alasan untuk mengenang jasa Pahlawan Nasional Wanita asal Jepara sekaligus meneruskan perjuangannya.

Rumah Sakit Umum Daerah RA. Kartini Kabupaten Jepara adalah Rumah Sakit Umum Daerah type B non Pendidikan ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 499/MENKES/SK/III/2000 tanggal 30 Maret 2000. RSU RA. Kartini Jepara didirikan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Jepara Nomor 10 Tahun 2008, kemudian diperbaharui dengan Peraturan Daerah Kabupaten Jepara Nomor 18 Tahun 2010 tanggal 6 Agustus 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Jepara dan Peraturan Bupati Jepara Nomor 58 Tahun 2010 tanggal 5 Oktober 2010 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi RSU RA. Kartini Kabupaten Jepara.

Status BLUD RSU RA. Kartini Kabupaten Jepara ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah, serta dengan Surat Keputusan Bupati Jepara Nomor 267 Tahun 2008 tanggal 31 Desember 2008 tentang Penetapan RSU Kartini Jepara sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PK-BLUD).

Profil RSU RA Kartini Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *